Beras Kencur dan Cara Membuat nya

Beras Kencur dan Cara Membuat nya

Beras Kencur dan Cara Membuat nya

Ternyata Beras Kencur banyak manfaatnya lhoo... Ingin tau lebih tentang beras kencur?. Beras kencur termasuk dalam ramuan alami yang sangat bermanfaat.

Apa itu Beras Kencur?


    Beras Kencur adalah ramuan alami terbuat dari beras dan kencur yang berasal dari daerah jawa, Di tempat kelahiran saya, yaitu desa Baleraksa, kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga Jawa tengah beras kencur masih sering digunkan. Meskipun tergolong ramuan yang kuno karena diwariskan secara turun temurun dari leluhur kami, namun manfaat beras kencur tidak dapat dipungkiri bagi penggunanya.

Apa Manfaat Beras Kencur?

      Siapa yang menyangka jika kolaborasi antara beras dan kencur  dapat menjadi ramuan yang sangat bermanfaat. Di zaman yang modern seperti sekarang ini, sangat banyak produk kecantikan yang dijual di pasaran dimulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang tidak wajar bagi kalangan menengah kebawah, namun itu semua tergantung pilihan sobat, ingin memilih produk yang mahal hingga produk import atau ingin menggunakan cara yang alami warisan nenek moyang asli Indonesia yang terbukti aman dan tanpa efek samping. Memang tidak semudah mendapatkan produk kemasan pabrik yang tersedia di minimarket hingga toko-toko kecil. Untuk mendapatkan Beras kencur kita perlu membuatnya sendiri karena sudah sangat jarang yang memproduksi ramuan ini.

Apa saja manfaatnya?? 

Tentunya bermanfaat untuk kulit ya sobat Arti.

Beras kencur sering digunkan untuk mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan bercak hitam bekas jerawat, memudarkan noda pada kulit, memutihkan kulit. Begitu banyak manfaat dari beras kencur.



Beras Kencur dan Cara Membuat nya
Bagaimana Membuat Beras Kencur?

Pembuatan beras kencur bukanlah hal yang sulit. Karna bahannya yang sangat-sangat mudah didapatkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Apa sih Bahannya??? 

Sesuai dengan namanya BERAS KENCUR  bahan yang digunakan  hanyalah BERAS dan KENCUR. Mudah kan,, beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia sedangkan Kencur merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang sering digunakan sebagai bumbu pembuatan soup dan banyak tersedia di warung-warung penyedia sembako (sembilan bahan pokok).
Bagaimana pengolahannya???

Pengolahannya cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu dan peralatan.



  • Pertama takar Beras sebanyak setengah kaleng susu. Tergantung sobat juga mau buat seberapa banyak. Menurut saya ukuran segitu sudah cukup untuk seminggu, bahkan lebih. Kemudian cuci bersih dan rendam dalam mangkuk atau wadah lain selama 3 jam.

  • Kedua potong Kencur dengan ukuran kecil-kecil dan takar sekitar setengah sendok. Jangan terlalu banyak juga, karna akan terasa panas jika terlalu banyak meskipun tidak ada efek samping apapun.

  • Ketiga tiriskan beras rendaman dan biarkan hingga setengah basah, bisa di tiriskan di atas kain yang bersih untuk mempercepat pengeringan.
  • Keempat campurkan Beras dan Kencur lalu tumbuk hingga halus, bisa menggunakan ulekan sambel atau dengan mesin penggiling jika pembuatan jumlah yang banyak .
  • Terahir bentuk butiran sebesar biji kelereng dan pipihkan agar kadar air lebih cepat menguap. Kemudian jemur di terik matahari hingga kering,
Beras Kencur dan Cara Membuat nya


Beras Kencur yang telah dikeringkan dapat bertahan hingga bertahun-tahun dengan catatan kondisi beras kencur tetap kering dan bersih. Maka simpan dalam tempat yang tertutup rapat agar tetap awet tanpa bahan pengawet.

Selamat Sobat Arti telah membuka pintu menuju cantik alami menggunakan ramauantradisional BERAS KENCUR.
Junjung tinggi tradisi Indonesia untuk menuju cantik alami bersama Blog ARTI, Karna dengan cantik dan sehat hidup akan lebih berARTI.


baca juga : Cantik alami tanpa make up
                   Menghilangkan jerawat dengan telur
                     Penyebab munculnya Jerawat dan cara menghilangkannya
      

tag: Lulur alami, ramuan alami, beras kencur


No comments:

Post a Comment